Kembang pepasren manah lan jiwo engkang salit kawruh... Bunga penghias hati dan jiwa yang haus akan ilmu.... A flower adorning your hearth and soul that thirsty of knowledge

1/28/2013

Microquasar Hasilkan Nebula Manatee Raksasa

Supernova sisa W50 telah dijuluki sebagai Nebula Manatee Raksasa berdasarkan bidikan baru dari Karl G. Jansky Very Large Array (VLA).
W50 terbentuk ketika sebuah bintang raksasa meledak sekitar 20.000 tahun lalu dalam konstelasi Aquila, 18.000 tahun cahaya, meninggalkan gelembung besar debu dan gas yang berputar-putar pada sebuah piringan, diperkirakan di sekitar lubang hitam.
Medan magnet pembentukan ini bergaris perangkap partikel bermuatan dari piringan, mendepak mereka dalam pancaran-apancaran yang bergerak dalam kecepatan cahaya. Sistem ini memancarkan gelombang radio dan sinar-X, dan disebut mikrokuasar SS 433.
alt
Kiri: Supernova W50 sisa di radio (hijau) bersinar dengan latar belakang
 inframerah dari bintang dan debu (merah). (NSF Karl G. Jansky Very
Large Array (VLA), NRAO / AUI / NSF, K. Golap, M. Goss, Lebar
  Lapangan NASA Survey Explorer (WISE). Kanan: Seekor Manatee
     Florida terletak di bawah air di Three Springs Sisters, Crystal River,
Florida. (Tracy Colson)
Pancaran-pancaran ini telah menciptakan tonjolan pada gelembung W50 dan, berputar seperti goyah, membentuk pola pembuka botol di seluruh tonjolan.
W50 telah dinamai tahun 1958 oleh Westerhout Gart astronom Belanda yang disebutnya sebagai sumber radio ke-50 yang terdaftar dalam katalog Westerhout.
Heidi Winter di Observatorium Radio Astronomi Nasional mencatat bahwa awan mirip Manatee Florida terancam punah. Winter menyarankan julukan sebagai W50 terlihat seperti pose khas sapi laut, bertumpu pada punggung dengan sirip yang memegang perutnya.
Benda  lembut ini rentan cedera terhadap baling-baling kapal, yang sering berakhir ditemukan dengan bekas luka dalam melengkung seperti busur yang dihasilkan akibat pancaran kuat W50. (EpochTimes/sua). Sumber dari www.erabaru.net





COPYRIGHT © 2013 ARTIKEL PENDIDIKAN
Mengutip atau mengcopy berita di situs ini setidak-tidaknya harus mencantumkan Artikel Pendidikan sebagai sumber berita.

1 komentar:

pujiparcel.blogspot.com mengatakan...

jadi terinspirasi

Panduan Cepat Hamil

Hosting Murah

Hosting Indonesia

Featured Video

Tag Cloud

Mendulang Dolar Dengan Bisnis Internet

Featured Content

Pages

Recent Comments

.
Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

© Bunga-Bunga Inspirasi, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena